BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Sebagaimana diketahui dunia usaha bersifat dinamis, selalu
mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu strategi pemasaran sangat
berperan penting dalam keberhasilan perusahaan. Disamping itu strategi
pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan
perkembangan pasar tersebut.
Suatu produk tidak akan dibeli
bahkan dikenal apabila konsumen tidak mengetahui kegunaan, keunggulan, dimana
produk dapat diperoleh dan berapa harganya. Untuk itulah konsumen yang menjadi
sasaran produk perusahaan harus diberikan informasi yang jelas. Oleh sebab itu
menjadi keharusan bagi perusahaan untuk melaksanakan promosi dengan strategi
yang tepat agar dapat memenuhi sasaran yang efektif.
Dalam mencapai strategi pemasaran
yang tepat dan yang terbaik, perusahaan dapat menerapkan bauran pemasaran. Hal
tersebut penting karena bauran pemasaran merupakan salah satu pokok
pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk. Kotler (1997)
dalam bukunya mendefinisikan pemasaran adalah suatu proses sosial, dimana
individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan
dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan
kelompok lainnya.
Ciabatta Bakery & Donut adalah
salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak dalam dibidang Bakery &
Donut dengan memproduksi berbagai macam-macam jenis roti, lokasinya berada di
JL. Dadi Kusmayadi Pemda Cibinong Kabupaten Bogor. Untuk mengembangkan
perusahaan ini tentunya dibutuhkan sebuah strategi pemasaran yang menitik
beratkan kepada bauran pemasaran, sebagaimana diketahui pemasaran merupakan
ujung tombak perusahaan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketet. Di
sekitar kawasan Cibinong dan Bogor Ciabatta Bakery & Donut sendiri
mempunyai pesaing dalam industri pembuatan roti diantaranya adalah Holland
Bakery, Dunkin Donut, Sari Roti bakery.
Berdasarkan uraian latar belakang di
atas untuk mengetahui lebih lanjut tentang strategi pemasaran dalam sebuah
perusahaan, maka dalam penulisan Laporan Kerja Praktek (LKP) ini mengambil
judul
1.2 Materi
Kerja Praktek
Materi
kerja praktik yang dilakukan oleh praktikan selama melakukan kerja praktek di
Cibatta Bakery & Donut adalah mengidentifikasi stategi pemasaran produk
Ciabatta Bakery di Jl. Dadi Kusmayadi Pemda Cibinong Kabupaten Bogor.
1.3Tujuan Dan Manfaat Kerja Praktik
1.3.1 Tujuan Kerja Praktek
·
Mengetahui
Strategi pemasaran yang dilakukan Ciabatta bakery & Donut.
·
Menganalisis
keunggulan dan kelemahan strategi yang dilakukan oleh Ciabatta bakery &
Donut.
·
Ingin
mengetahui lebih lanjut tentang Ciabatta bakery & Donut
1.3.2
Manfaat
Kerja Praktik
·
Menambah
pengetahuan dan pengalaman tentang dunia kerja khususnya pada bidang manajemen
pemasaran.
·
Untuk
menjadikan sebuah pengetahuan atau acuan untuk kasus yang serupa.
·
Menerapkan
ilmu yang diperoleh dari perkuliahan.
BAB II
TEMPAT KERJA PRAKTIK
2.1
Gambaran Umum institusi
2.1.1
Sejarah Perusahaan
Pada hari jum’at
tepatnya pada tanggal 13 Agustus 2007 resmi beroperasinya “UD. DWI TUNGGAL
CIPTA RASA” dengan brand “FRESH BREAD” dan jingle “ENAK DIMAKAN & PERLU”
untuk tidak menambah permasalahan dikemudian hari , merek tersebut di atas
hampir sama dengan merek dagang lain maka diubah menjadi “CIABATTA BAKERY &
DONUT” yang telah didaftarkan di Direktorat Jendral Hak Cipta Dan Merek.
Dapertemen Kehakiman Dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia.
UD. DWI TUNGGAL
CIPTA RASA adalah usaha dagang yang dibangun oleh “DWI TUNGGAL” DUA ORANG
antara Ribyanti Artiwi dan Takhir Udhin Emka “CIPTA RASA” untuk menghasilkan
cipta merek Bakery serta rasa yang nikmat di hati konsumen.
Produk yang
dibuat pertama kali berbagai jenis donat seperti donut sugar, donut chcolate,
donut ring, donut peanut dll. Dengan jumlah karyawan 7 orang, 3 orang
distributor, 3 orang produksi, 10 orang bagian umum. Luas produksi yang
ditempatkan dengan ukuran 3 x 4 m dan 1 x 10 m dan warung sekitar 200 – 250
tempat.
Produksi
rata-rata donut 26.000 – 30.000 pcs. Seiring bahan baku terus meroket dan
margarine cost terus negatif bulan juni 2008 menambah variasi ke roti manis
dengan varian 40 – 60 macam produk, dengan outlet pertama RS PMI Bogor, RS
PORLI Kramat Jati, RSIA ANNISA Ci Teureup, RSIA HERMINA Bogor, RS TUGU IBU
Cimanggis, Bukit Golf Cafe Cibubur, Amira Cafe Bogor. Tahun 2010 RSUD Cibinong,
RS TRIMITRA, RS Sentra Medika, dengan tidak mengirim lagi ke Bukit Golf
&ungkan Amira Cafe karena tidak
menguntungkan. Pada tahun 2011 UD. DWI TUNGGAL CIPTA RAA berubah menjadi CV.
DWI TUNGGAL CIPTA USAHA tetap menambah jalur pemasaran ke Instansi Pemerintah
& Umum semogga kian kokoh untuk eksistensi di bidang bakery.
2.1.2
Visi dan Misi Perusahaan
Visi yang
dimiliki CV. DWI TUNGGAL CIPTA USAHA (CIABATTA BAKERY) CIBINONG-BOGOR adalah
dengan menciptakan produk yang bermutu tinggi sesuai kebutuhan pelanggan.
Sedangkan misi
dari CV. DWI TUNGGAL CIPTA USAHA (CIABATTA BAKERY) Cibinong Bogor antara lain :
1. Selalu
meningkatkan pelayanan bagi kepuasan pelanggan.
2. Mengurangi
tingkat pengangguran di wilayah dan lingkungan sekitar.
2.2
Struktur
Organisasi CV. DWI TUNGGAL CIPTA USAHA
A
. Faktor Geografis
Ditinjau dari
segi geografis CV. DWI TUNGGAL CIPTA USAHA cukup strategis, meskipun agak jauh
dari tempat pembelian bahan bakunya.
Adapun suatu perusahaan harus memenuhi
syarat-syarat sebagai berikut :
1. Dekat
dari sumber bahan baku.
2. Adanya
sarana atau tanah yang cocok untuk mendirikan suatu perusahaan.
3. Tidak
mengganggu terhadap lingkungan masyarakat.
4. Dekat
dengan daerah pemasaran.
Teori dan ilmu
hygiene perusahaan mengemukakan bahwa suatu pabrik hendaknya jangan sampai
mengganggu kepentingan umum, baik secara langsung maupun tidak langsung
misalnya dengan menimbulkan polusi udara, air dan sebagainya.
Pada saat
penulis melakukan kerja praktek di CV. DWI TUNGGAL CIPTA USAHA pabriknya
berdekatan dengan jalan raya, kemudian CV. DWI TUNGGAL CIPTA USAHA berdomisili
di Kav Pemda Poncol Rt 04/08 Kelurahaan Sukahati Cibinong Kabupaten Bogor Jl.
Pajeleran Poncol No 10.
B.
Indentitas Perusahaan
1.
Riwayat Perusahaan
Perusahaan adalah suatu bangunan atau
pabrik yang dapat digunakan untuk proses produksi syarat berdirinya perusahaan
tersebut diantaranya :
1. Adanya
modal ( biaya ).
2. Adanya
tempat ( lokasi ).
3. Adanya
bahan-bahan yang akan diolah.
4. Adanya
alat untuk mengelolah.
5. Adanya
tenaga kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar