Sabtu, 23 November 2013

Tugas Metode Riset Bisnis



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Sebagaimana diketahui dunia usaha bersifat dinamis, selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu strategi pemasaran sangat berperan penting dalam keberhasilan perusahaan. Disamping itu strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar tersebut.
           Suatu produk tidak akan dibeli bahkan dikenal apabila konsumen tidak mengetahui kegunaan, keunggulan, dimana produk dapat diperoleh dan berapa harganya. Untuk itulah konsumen yang menjadi sasaran produk perusahaan harus diberikan informasi yang jelas. Oleh sebab itu menjadi keharusan bagi perusahaan untuk melaksanakan promosi dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi sasaran yang efektif.
           Dalam mencapai strategi pemasaran yang tepat dan yang terbaik, perusahaan dapat menerapkan bauran pemasaran. Hal tersebut penting karena bauran pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk. Kotler (1997) dalam bukunya mendefinisikan pemasaran adalah suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
           Ciabatta Bakery & Donut adalah salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak dalam dibidang Bakery & Donut dengan memproduksi berbagai macam-macam jenis roti, lokasinya berada di JL. Dadi Kusmayadi Pemda Cibinong Kabupaten Bogor. Untuk mengembangkan perusahaan ini tentunya dibutuhkan sebuah strategi pemasaran yang menitik beratkan kepada bauran pemasaran, sebagaimana diketahui pemasaran merupakan ujung tombak perusahaan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketet. Di sekitar kawasan Cibinong dan Bogor Ciabatta Bakery & Donut sendiri mempunyai pesaing dalam industri pembuatan roti diantaranya adalah Holland Bakery, Dunkin Donut, Sari Roti bakery.
           Berdasarkan uraian latar belakang di atas untuk mengetahui lebih lanjut tentang strategi pemasaran dalam sebuah perusahaan, maka dalam penulisan Laporan Kerja Praktek (LKP) ini mengambil judul




1.2 Materi Kerja Praktek
           Materi kerja praktik yang dilakukan oleh praktikan selama melakukan kerja praktek di Cibatta Bakery & Donut adalah mengidentifikasi stategi pemasaran produk Ciabatta Bakery di Jl. Dadi Kusmayadi Pemda Cibinong Kabupaten Bogor.

1.3Tujuan Dan Manfaat Kerja Praktik
1.3.1 Tujuan Kerja Praktek
·         Mengetahui Strategi pemasaran yang dilakukan Ciabatta bakery & Donut.
·         Menganalisis keunggulan dan kelemahan strategi yang dilakukan oleh Ciabatta bakery & Donut.
·         Ingin mengetahui lebih lanjut tentang Ciabatta bakery & Donut

1.3.2        Manfaat Kerja Praktik

·            Menambah pengetahuan dan pengalaman tentang dunia kerja khususnya pada bidang manajemen pemasaran.
·            Untuk menjadikan sebuah pengetahuan atau acuan untuk kasus yang serupa.
·            Menerapkan ilmu yang diperoleh dari perkuliahan.












BAB II
TEMPAT KERJA PRAKTIK

2.1 Gambaran Umum institusi
2.1.1 Sejarah Perusahaan
Pada hari jum’at tepatnya pada tanggal 13 Agustus 2007 resmi beroperasinya “UD. DWI TUNGGAL CIPTA RASA” dengan brand “FRESH BREAD” dan jingle “ENAK DIMAKAN & PERLU” untuk tidak menambah permasalahan dikemudian hari , merek tersebut di atas hampir sama dengan merek dagang lain maka diubah menjadi “CIABATTA BAKERY & DONUT” yang telah didaftarkan di Direktorat Jendral Hak Cipta Dan Merek. Dapertemen Kehakiman Dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia.
UD. DWI TUNGGAL CIPTA RASA adalah usaha dagang yang dibangun oleh “DWI TUNGGAL” DUA ORANG antara Ribyanti Artiwi dan Takhir Udhin Emka “CIPTA RASA” untuk menghasilkan cipta merek Bakery serta rasa yang nikmat di hati konsumen.
Produk yang dibuat pertama kali berbagai jenis donat seperti donut sugar, donut chcolate, donut ring, donut peanut dll. Dengan jumlah karyawan 7 orang, 3 orang distributor, 3 orang produksi, 10 orang bagian umum. Luas produksi yang ditempatkan dengan ukuran 3 x 4 m dan 1 x 10 m dan warung sekitar 200 – 250 tempat.
Produksi rata-rata donut 26.000 – 30.000 pcs. Seiring bahan baku terus meroket dan margarine cost terus negatif bulan juni 2008 menambah variasi ke roti manis dengan varian 40 – 60 macam produk, dengan outlet pertama RS PMI Bogor, RS PORLI Kramat Jati, RSIA ANNISA Ci Teureup, RSIA HERMINA Bogor, RS TUGU IBU Cimanggis, Bukit Golf Cafe Cibubur, Amira Cafe Bogor. Tahun 2010 RSUD Cibinong, RS TRIMITRA, RS Sentra Medika, dengan tidak mengirim lagi ke Bukit Golf &ungkan  Amira Cafe karena tidak menguntungkan. Pada tahun 2011 UD. DWI TUNGGAL CIPTA RAA berubah menjadi CV. DWI TUNGGAL CIPTA USAHA tetap menambah jalur pemasaran ke Instansi Pemerintah & Umum semogga kian kokoh untuk eksistensi di bidang bakery.







2.1.2 Visi dan Misi Perusahaan
Visi yang dimiliki CV. DWI TUNGGAL CIPTA USAHA (CIABATTA BAKERY) CIBINONG-BOGOR adalah dengan menciptakan produk yang bermutu tinggi sesuai kebutuhan pelanggan.
Sedangkan misi dari CV. DWI TUNGGAL CIPTA USAHA (CIABATTA BAKERY) Cibinong Bogor antara lain :
1.      Selalu meningkatkan pelayanan bagi kepuasan pelanggan.
2.      Mengurangi tingkat pengangguran di wilayah dan lingkungan sekitar.

2.2  Struktur Organisasi CV. DWI TUNGGAL CIPTA USAHA


  







A . Faktor Geografis
Ditinjau dari segi geografis CV. DWI TUNGGAL CIPTA USAHA cukup strategis, meskipun agak jauh dari tempat pembelian bahan bakunya.
Adapun suatu perusahaan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
1.      Dekat dari sumber bahan baku.
2.      Adanya sarana atau tanah yang cocok untuk mendirikan suatu perusahaan.
3.      Tidak mengganggu terhadap lingkungan masyarakat.
4.      Dekat dengan daerah pemasaran.
Teori dan ilmu hygiene perusahaan mengemukakan bahwa suatu pabrik hendaknya jangan sampai mengganggu kepentingan umum, baik secara langsung maupun tidak langsung misalnya dengan menimbulkan polusi udara, air dan sebagainya.
Pada saat penulis melakukan kerja praktek di CV. DWI TUNGGAL CIPTA USAHA pabriknya berdekatan dengan jalan raya, kemudian CV. DWI TUNGGAL CIPTA USAHA berdomisili di Kav Pemda Poncol Rt 04/08 Kelurahaan Sukahati Cibinong Kabupaten Bogor Jl. Pajeleran Poncol No 10.

B. Indentitas Perusahaan

1. Riwayat Perusahaan

       Perusahaan adalah suatu bangunan atau pabrik yang dapat digunakan untuk proses produksi syarat berdirinya perusahaan tersebut diantaranya :     
1.      Adanya modal ( biaya ).
2.      Adanya tempat ( lokasi ).
3.      Adanya bahan-bahan yang akan diolah.
4.      Adanya alat untuk mengelolah.
5.      Adanya tenaga kerja.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar